Jepara – Jawa Tengah

Jepara, sebuah Kabupaten yang cukup dikenal oleh banyak orang di Indonesia karena RA. Kartini yang perannya sebagai Pahlawan Emansipasi Wanita berdasarkan Sejarah Indonesia dan surganya pariwisata kepulauan dan pantai dengan adanya Pulau Karimunjawa. Menurut Wikipedia, Jepara adalah sebuah Kabupaten yang terletak di Pantura (Pantai Utara) Provinsi Jawa Tengah bagian timur, yangmana bagian utara dan baratnya berbatasan dengan Laut Jawa, bagian timur berbatasan dengan Kabupaten Pati dan Kudus, serta berbatasan dengan Kabupaten Demak di bagian selatan.

Ada banyak sarana transportasi untuk menuju ke Jepara dari beberapa daerah di Pulau Jawa, misalnya dari Jakarta tersedia Bus Malam Eksekutif dan Super Eksekutif yang diberangkatkan dari berbagai terminal bus dan agen bus di Jakarta (seperti Bejeu, Shantika, Hariyanto, Muji Jaya, MJCM, Nusantara, Pahala Kencana). Dari Wilayah Bandung tersedia Bus Shantika, Kramat Djati, Suka. Dari wilayah Surabaya tersedia Bus Indonesia dan Jaya Utama baik Patas maupun Ekonomi. Dari Bali tersedia Bus Bejeu, Muji Jaya, Surya Bali. Bisa juga dari Semarang yang tersedia Bus Tanggung (ekonomi) ataupun berbagai macam travel dimana titik penjemputan bisa dimana saja termasuk di Stasiun Kereta Api dan Bandara Ahmad Yani, berikut penyedia jasa travel Semarang – Jepara: Bejeu, Kencana, Penama, Day Trans, Central Java, Alloy, Putra Mandiri. Travel Bejeu, Day Trans dan Alloy juga menyediakan rute Jogja – Jepara. Perjalanan Semarang – Jepara ditempuh sekitar 2 jam.

Gambar diambil dari ticjepara.com

Dengan slogannya yaitu Jepara Mempesona, Jepara semakin tahun semakin menghadirkan dan mengembangkan obyek wisata khususnya Obyek Wisata Pantai. Terlepas dari Pulau Karimunjawa, di Jepara sendiri banyak sekali obyek wisata pantai yang ramai dikunjungi setiap akhir pecan dan hari libur. Di kawasan Jepara Kota kita bisa mengunjungi Pantai Kartini, Pantai Bandengan dan Jepara Ourland Park yang bisa terkoneksi dengan kapal nelayan ke Pulau Panjang. Lanjut ke wilayah Mlonggo, Karanggondan dan Bondo terdapat deretan Pantai Blebak, Pantai Pailus, Pantai Empu Rancak dan Pantai Bondo.

Ayah saya di Jepara sudah dari tahun 2013, kemudian Saya dan Ibu ikut tinggal di Jepara mulai Bulan April 2016. Yang pertama kami menyewa kamar kost-an keluarga milik Pak Dibyo yang beralamat di Gg. Pulih, Jl. Dr. Sutomo, Kauman, Jepara Kota selama kurang lebih 4 bulan. Kost ini dipilih karena memiliki halaman yang cukup luas untuk parkir dan banyak pohon besarnya, sehingga terasa lebih sejuk. Ada sekitar lebih dari 15 kamar kost dengan 2 pilihan yaitu dengan AC atau dengan kipas angin. Dimana masing-masing kamar kost sudah tersedia kamar mandi, dan fasilitas lain seperti kasur (beserta bantal+guling), almari pakaian, meja kursi, TV 21 inch, serta masing-masing kamar memiliki teras yang cukup luas. Lokasinya cukup strategis di tengah-tengah kota Jepara, sehingga sangat dekat dan mudah untuk mengakses fasilitas umum yang ada, dekat dengan alun-alun kota, dekat dengan swalayan terbesar di Jepara, dekat dengan pasar, dekat dengan Masjid Agung dan yang terpenting adalah banyaknya pilihan untuk membeli makanan dengan harga yang terjangkau dan rasa makanan yang cukup bisa dinikmati…he2 (map kost klik di sini)

Foto Kost Pak Dibyo, Kauman-Jepara

Yang Selanjutnya di Bulan Agustus 2016  saya dan keluarga pindah ke perumahan perusahaan tempat ayah saya bekerja di ,,, Lokasi perumahan ini tidak lebih dari 5 menit jalan kaki dari Pantai Wisata Bandengan dan 5 menit berkendaraan dari Jepara Ourland Park. Akhirnya beneran jadi anak pesisir … he2

 

One thought on “Jepara – Jawa Tengah”

  1. Thanks for the marvelous posting! I quite enjoyed reading it, you might be a great author.I will ensure that I bookmark your blog and will often come back down the road. I want to encourage yourself to continue your great job, have a nice weekend!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *