Grand Maerokoco Semarang

Tanggal 24 Desember 2017, ada agenda piknik bareng keluarga besar Embah Buyut… yang sudah jauh-jauh hari disepakati untuk mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah dan Grand Maerokoco. Ini adalah kali kedua saya mengunjungi Masjid Agung Jawa Tengah, jadi sudah tidak asing lagi dengan tempat tersebut. Yang menarik adalah ketika sampai pada waktunya di Grand Maerokoco, yang lebih dikenal dengan Taman Mininya Jawa Tengah….

Grand Maerokoco terletak di Jl. Anjasmoro-Tawangsari, Tawangsari, Semarang Barat, tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, bersebelahan dengan Restaurant Kampung Laut yang cukup terkenal di Semarang…untuk masuk ke area wisata ini, wisatawan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 10,000 per orang.

Terkenalnya di Maerokoco ini adalah terdapatnya rumah adat dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah yang berjumlah 35. Sekarang ini lokasi ini semakin padat dikunjungi wisatawan semenjak ditambahnya lokasi Tracking Mangrove… selain itu ada tempat makan dimana penjualnya berada di atas kapal seperti floating market gitu,,, terus ada lagi tempat makan di atas jembatan danau mangrove-nya, untuk wahana permainan juga sangat banyak, seperti: naik kapal mengitari mangrove, naik kereta kelinci mengelilingi rumah-rumah adat, naik sampan, bebek-bebekan, dan ada playground buat anak-anak… murah lho, tiketnya hanya Rp 5,000 per orang untuk setiap wahana… inilah yang semakin menarik dari lokasi wisata ini, tersedia banyak tempat berselfie ria…. terutama para muda-mudi… he2