Outing class ke pantai kampung perahu

Kegiatan Hari ini jumat 16 maret 2018
Anak2 KB Pondok Samudra adalah outing class ke pantai kampung perahu.
Rasa bahagia terpancar dari exspresi anak2.
Para orang tua tak kalah bahagianya mengikuti permainan anak2.

Ada beberapa acara seru yang di ikuti anak2,diantaranya adalah menangkap ikan dengan tangan dan jaring, bermain pasir juga bermain air laut.

Kegiatan ini berfungsi untuk mengenalkan alam ciptaan Tuhan,mengenal tempat rekreasi,melatih motorik kasar dan halus anak,melatih konsentrasi anak serta melatih kognitif anak.

Menurut pakar psikologi Yulkhaidir,M.Psi menyampaikan bahwa bermain pasir memiliki segudang manfaat bagi anak usia dini. Dengan bermain pasir anak dapat melatih kemempuan kognitifnya dalam mengenal struktur benda (kasar, halus, banyak, sedikit), melatih motorik halus anak, dan melatih imajinasi anak dalam berekperimen. ketika anak memasukkan pasir ke dalam botol anak berlatih dalam memecahkan masalah sederhana, memperkirakan dan membedakan isi benda, melatih konsentrasi anak.

Sedangkan kegiatan menangkap ikan menurut Pengurus Pusat Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidik an Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Anna Anggraeni (2016) mengatakan, kesenangan anak bermain air, bisa melatih kecerdasan, salah satunya adalah menangkap ikan hidup di dalam kolam.

Berbagai manfaat bisa didapatkan oleh anak saat menangkap ikan, dimana kecerdasan anak akan bertambah, selain melatih motorik dan sensoriknya.

Menangkap ikan dalam kolam/wadah, anak akan merasakan sensasi dinginnya air, di tambah saat melihat ikan bergerak di sekelilingnya.
Ketika melihat ikan, anak akan berusaha menangkapnya, disitu motorik dan sensorik anak akan terlatih.

Motorik dan sensorik anak, akan terasah ketika menangkap ikan di dalam kolam/wadah. Dimana, ikan hidup akan sulit ditangkap, sehingga anak akan berusaha segesit mungkin supaya hewan buruannya bisa tertangkap. Sehinga, anak akan memasang strategi untuk bisa menangkap ikan.

Nah..
Setelah acara selesai kita tutup dengan minum es degan bersama2 sambil menikmati semilir angin laut yang sepoi2 lalu pulang kerumah masing2 😊

One thought on “Outing class ke pantai kampung perahu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *