Taman Balekambang Solo

14 Januari 2018, saya dan keluarga mengunjung Taman Balekambang Solo. Tidak hanya bersama ayah dan ibu, tetapi juga dengan mbah, budhe dan kakak kepoakan, rame dan seru pokonya. Taman Balekambang menurut sejarahnya adalah taman yang dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII  pada tanggal 26 Oktober 1921 untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah, sehingga dua patung dari putri ini pun juga diletakkan di dalam taman. Selain itu, taman yang terbagi dua tersebut juga diberi nama sesuai dengan nama kedua putri, yaitu Partinah Bosch yang merupakan semacam hutan kota, dan Partini Tuin, yang merupakan kolam air. Pada mulanya taman ini tidak buka untuk umum, baru pada era KGPAA Mangkunegara VIII Taman ini mulai dibuka untuk umum. Sejak itulah mulai diselenggarakan beragam kesenian untuk rakyat seperti ketoprak lesung. Kesenian ini ialah ketoprak yang diiringi dengan alunan musik lesung. Dan pada tahun 2008 dilakukan revitalisasi dan mulai dimultifungsikan sebagai taman seni & budaya, taman botani, taman edukasi, dan taman rekreasi. Sumber: wikipedia

Taman ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Surakarta  dan dibuka untuk umum mulai pukul 07.00 sampai pukul 18.00 WIB setiap hari. Untuk menemukan lokasinya sangat mudah karena terletak tidak jauh dari Terminal Bus Tirtonadi Solo ataupun dari Stadion Manahan Solo, berikut bisa dilihat melalui google map. Untuk memasuki kawasan taman ini pengunjung tidak dikenakan biaya tiket masuk, hanya membayar parkir kendaraan saja. Di dalam taman juga sudah tersedia berbagai wahana permainan untuk anak-anak, seperti kereta kelinci, istana balon, memancing ikan, ada juga bebek-bebekan di atas taman airnya, serta berbagai penjual makanan dan minuman.

Kemudian terdapat taman dengan rerumputan hijau yang cukup luas yang biasanya digunakan pengunjung untuk berkegiatan outbond ataupun permainan-permainan secara berkelompok. Memang taman balekambang ini sering digunakan juga oleh banyak kelompok atau sekolah untuk kegiatan kebersamaan. Tidak hanya itu, terdapat beberapa hewan seperti rusan, monyet kecil, burung kalkun dan angsa yang dibebaskan berkeliaran dan berinteraksi dengan pengunjung. Ini yang membuat anak-anak semakin senang bisa meihat dan bermain dengan hewan-hewan tersebut.

3 thoughts on “Taman Balekambang Solo”

  1. Hiya, I’m really glad I’ve found this information. Nowadays bloggers publish just about gossips and internet and this is really irritating. A good site with exciting content, this is what I need. Thank you for keeping this site, I will be visiting it. Do you do newsletters? Can’t find it.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *